Interview Bersama Close Head

Interview Close Head
“Jangan kau jadikan satu kenangan yang memilukan berdiri teman…”

Anak-anak muda dikota kembang Bandung pastinya familiar banget sama potongan lirik diatas, coz lagu yang dikasih ngaran Berdiri Teman itu cukup hits di radio-radio di kota Bandung. Bagi kalian yang mungkin belum tau, lagu Berdiri Teman ini adalah milik band pop punk asal Bandung yang bernama Close Head. Beruntung banget bisa ngobrol-ngobrol sama para personil Close Head yang beranggotakan Lam-lam (vocal, bass), Aid (vocal, gitar) dan Ijan (drum) yang ditemui setelah mereka tampil all out and gokil berat di gelaran Pre-Event nya SMA 2 Bandung. Dan ternyata kegokilan mereka itu bukan hanya saat mereka perform tapi ternyata aslinya anak-anak Close Head di bawah panggung juga bodor banget.  Berikut Obrolan dengan Close Head


Foto : Closehead
Ceritain dong tentang Close Head, kapan kebentuk dan lain-lainnya?
Ijan: “Si Close Head dibentuk taun 1996 dengan formasi yang ini-ini aja, walaupun saya sempet rehat sebentar dan digantiin sementara sama additional player tapi sekarang saya balik lagi ke band. Genre music kita sebenernya ngegabungin antara punk , pop, rock , alternative maka ya jadinya begini ada pop punk nya ada rock alternative nya juga.”
Aid: “Selama kita ngeband bareng kita udah ikut banyak banget album kompilasi gak keitung lah berapa, yang terbaru lagu kita yang judulnya Melawan Waktu ada di album Family Compilation yand dirilis sama Linoleum Record. Sempet bikin mini album juga taun 2002. Dan taun 2007 ngeluarin split album yang isinya cuma ada dua band, si Close Head and Disconected. Nama albumnya Discopunkhead dirilis sama Heaven Record.”

Hmm,ternyata udah lama juga ya Close Head ini ada niat bikin album the best dong? hehe becanda bos, kalo rencana kalian ke depan apa nih?
Ijan-Lamlam-Aid:” hahaha jangan dulu bikin album the best dong mas wakakak.”
Lam-Lam: “Kita lagi nyiapin materi-materi nih buat persiapan full album perdana Close Head and rencananya mau bikin video klip juga sekalian promo-promo juga, doain yah. ”

Sip, buat album perdana kalian apa masih mau di jalur indie atau mau coba-coba masuk major label?
Ijan: “Yang pasti bakal kita rilis sendiri dulu setelah itu kalo ada major label yang tertarik ya gak nutup kemungkinan buat kita kerja sama bareng mereka, toh tujuan akhir dari apa yang kita kerjain sekarang kan ujung-ujungnya duit juga,lumayan tuh buat kawin hahaha.”

Ada tanggapan atau harapan dari Close Head buat scene underground di Bandung?
Aid: Sebenernya band-band di Bandung itu potensial dan keren-keren cuma mungkin yang kurang itu kesempatan, tulis yang gede ya mas, KESEMPATAN!. Tau sendiri lah sekarang mau manggung aja masih susah, belum lagi ditambah masalah-masalah klasik kaya kurang uang, dll.”
Lam-Lam: “Kalo tanggapan buat para penikmat music di Bandung menurut saya udah keren banget, mereka kritis, gak cuma sekedar nonton band yang maen, tapi bener-bener ngenilai semua mulai dari stage act sampe gitar fals mereka bakal nilai banget. Makanya kalo men di Bandung dapet tepuk tangan atau apresiasi yang bagus, bisa dibilang band itu memang keren.”
Ijan: “Harapannya sama pemerintah, walikota atau siapapun yang disana pengennya anak muda dan scene ini dikasih wadah untuk berkreasi, contohnya bikinin tempat yang representative dan permudah perizinan buat bikin acara. Gak usahlah kaya zamannya Saparua yang tiap minggu ada gigs, sebulan sekali juga cukup kan anak-anak muda butuh hiburan dan berkreasi. Sekarang gantian ah kita yang nanya, jadi kenapa nih namanya Papan Event? Haha.”

Lha, jadi balik nanya?!! He he, Menurut kalian pengalaman manggung dimana yang gak bisa dilupain?
Lam-Lam:”Kemaren di Udayana Bali, kebayang kan kita naek mobil kesana duduk dengan posisi kaki sila selama 36 jam haha.”
Ijan: Kalo saya mah yang paling lucu waktu maen di BIP (Bandung Indah Plaza), kita janjian reff Berdiri Teman tapi pas maen saya lupa jadi dua kali, yang lain berhenti saya maen sendiri, sok-sok solo drum we urang padahal mah poho haha.”
Aid: “Kalo saya yang paling berkesan waktu maen di acara launching split album Discopunkhead di AACC.”
Oke, the last but not least, Menurut kalian lebih keren mana Aura Kasih atau Terry? secara kan Close Head ngeremix Janji Manismu nya Terry.
Ijan: “Wah pertanyaannya sulit nih, kata saya mah kalo secara fisik dan kemasan lebih keren Aura Kasih lah. Tapi kalo secara musikalitas Terry kayanya lebih oke (diamini juga oleh Lam-Lam dan Aid).” 


Sumber : Papan Event